Jumat, 30 April 2010

Sebuah Kesabaran dan Keringat

beberapa kali gw liat orang yang mencari nafkah dengan berjualan yang menurut gw sebnernya ga penting. krn belum tentu setiap hari dia berjualan dia mendapatkan pelanggan. sebagai contoh orang yang berjualan payung, dan dia menawarkan jasa reparasi payung. sempet membuat gw bingung, apa iya di jaman yang serba "sok" canggih ini masih ada orang yang mau mereparasi payung??? setelah itu gw langsung terpikir kembali, kalo udah jarang pelanggannya ngapain jg tuh bapak masi jualan kaya gt?? apa akan ada hasilnya, yang mungkin hasilnya akan dipakai untuk makan sehari-hari dia dan keluarganya... seorang bapak tua, lemah, kurus, dan renta tetep berjuang mencari nafkah buat keluarganya. meskipun panas, lelah, bahkan mungkin harus menahan lapar dan haus ketika belum ada pelanggan yang membeli atau memakai jasa reparasi payungnya. buat apa dia bertahan?? hanya untuk keluarganya, untuk anak-anak dan istrinya. hemmm, jakarta emang keras...
contoh lainnya adalah seorang bapak penjaga pintu kereta. yang berdiri ditengah jalan sambil meniup peluit. panas kepanasan, haus, upah yang ga seberapa, tapi dia tetep setia dengan pekerjaannya. buat ap dia bertahan?? krn ga ada pekerjaan lain atau krn loyalitas yg ga dihargai??
sebelumnya gw ga pernah kebayang tentang semuanya, hal-hal yang kecil namum sebenrnya besar manfaatnya buat gw dan orang lain. mungkin kalo bapak "sang reparasi payung" itu nyerah, anak-anak dan istrinya ga bisa makan. mungkin kalo "sang bapak penjaga pintu kereta" nyerah, ga ada lagi yg ingetin kita kalo ada kereta yg mau lewat yg akhirnya mungkin akan banyak kecelakan kereta.
buat gw mereka adalah pahlawan. pahlawan buat keluarga mereka, buat org sekitar mereka bahkan pahlawan buat lo. dari mereka gw mulai paham tentang keloyalitasan. setia akan pekerjaannya, bukan semata hanya karena materi dan kedudukan. tp sebuah kesetiaan yg tulus sebagai pengabdian kepada pekerjaan dan org yang diperjuangkan.
sebuah pelajaran berharga buat gw dan buat semua yg baca blog ini. pelajaran tentang kesetiaan akan pekerjaan dan pelajaran bahwa kita ga boleh nyerah gt ajah sama keadaan.. dimana pun dan di kapan pun semua pekerjaan pasti ada resiko dan suka dukanya. di saat suka jgn pernah lupa dgn org yg sedang berduka. di saat duka jgn pernah nyerah, tetap semangat, dan berpikir positif. di saat lo hrs bertanggung jawab atas pekerjaan lo anggap itu bagian dari resiko pekerjaan.
inget!!! kita ga boleh kalah sama seorang reparasi payung dan seorang penjaga pintu kereta.. tetep semangat temannn krn kesuksesan adalah mimpi yg tertunda... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar